//
you're reading...
BIDANG KURIKULUM

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN AMBALAN PRAMUKA

Warga Mapan yang terhormat, kali ini Admin menginformasikan kegiatan Mapan Munjul baru-baru ini tentang Pelantikan dan Pengukuhan Ambalan Penegak. Namun terlebih dahulu sebaiknya kita pahami apakah Ambalan Penegak itu…berikut keterangan yang dapat dihimpun admin.

Ambalan Penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6 – 8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.

Gerakan Pramuka menghimpun anggotanya dalam satuan dan kwartir. Satuan terdepan dalam pembinaan peserta didik adalah Gugus Depan. Dalam Gugusdepan yang lengkap terdapat Perindukan Pramuka, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Namun jika tidak memungkinkan, sebuah gugusdepan boleh hanya memiliki salah satu satuan saja semisal Ambalan Penegak.

Pembentukan ambalan ini bertujuan untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Penegak untuk mencapai tujuannya.

Dalam pengkaderannya diperlukan sebuah kegiatan diperlukan Pendidikan dan Pelatihan yang merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang dengan tujuan untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai segi kehidupan organisasi dan masyarakat sehingga dapat menjadi kader bagi Gerakan Pramuka dan Bangsa.

Diklat Pramuka Penegak  diarahkan pada tiga hal utama, yaitu menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pribadi dalam hal :

1. Mengelola satuan gerak yang meliputi satuan Ambalan, Racana, Satuan Karya, serta
satuan bina yaitu Dewan kerja
2. Melatih orang lain menguasai keterampilan dan kepemimpinan khas Gerakan Pramuka
3.Penguasaan keterampilan yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan masyarakat.

Di Satuan Pendidikan Madrasah Aliyah Panacaran, menerapkan Pendidikan dan Latihan bagi tiap-tiap Ambalan yang melingkupinya.  Penerapan setiap materi disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan para anggota pramuka yang terlingkup dalam satuan kurikulum kepramukaannya, berikut beberapa muatan kurikulumnya

  1. Pengetahuan dasar Pramuka
  2. Pengetahuan Pramuka Mahir
  3. Kepemimpinan
  4. Teori Persidangan
  5. Praktek Peridangan
  6. Kerja sama kelompok
  7. Keterampilan

Nah, Warga Mapan …. Mudah-mudahan info ini sedikitnya dapat menambah referensi kepramukaannya. (by. Ozetus)

About mapanmunjul

Madrasah Aliyah Swasta Panacaran adalah sekolah Swasta yang didirikan pada tahun 2008, terletak di Desa Panacaran Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Berada pada lingkungan pedesaan dengan siswa dan siswi dari beberapa desa dan kecamatan, mewarnai madrasah dengan karekteristik murid yang heterogen. MAS Panacaran memiliki siswa dan siswi untuk saat ini berjumlah 189 orang merupakan asset yang amat berharga pada perkembangan madrasah. Hingga tahun 2013 telah memiliki beberapa madrasah binaan setingkat MTs.

Diskusi

2 respons untuk ‘PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN AMBALAN PRAMUKA

  1. saya suka ini,, lumayan buat tambah-info…. thnks admin…..

    Suka

    Posted by Mangdede Libran | 29 Oktober 2013, 2:37 am

Tinggalkan komentar

Member of The Internet Defense League

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabung dengan 298 pelanggan lain

SSB GARUDA

rontek

Tidak dapat memuat informasi blog pada saat ini.